Rabu, 20 Februari 2013

Pentingya sebuah Tujuan

Mengetahui apa tujuan kita dalam suatu hal adalah sebuah keharusan. Aku mendapatkan hal ini dari organisasi yang aku ikuti yaitu WAPALHI ( Wahana Pecinta Lingkungan Hidup ) Polines.

Aku tidak akan mendapatkan hasil dari sesuatu karena tidak ada tujuan yang jelas sebelumnya. Apasih tujuan mu masuk wapalhi ??? Pertanyaan ini selalu terlontar ketika aku akan menjadi anggota sampai aku benar benar menjadi anggota di Wapalhi. Dan tidak banyak dari kami yang benar benar mengetahui jawaban dari pertanyaan itu.

Paket pengembaraan di Wapalhi mengajariku akan hal itu. Apa sebenarnya tujuan ku naik gunung ?. Ketika aku memiliki tujuan puncak, maka prioritas ku adalah puncak dan aku akan berusaha bagaimana caranya menggapai puncak tanpa menghiraukan hal lainnya.



Ketika aku memiliki tujuan menjalankan semua manajemen, maka ketika puncak tidak tergapai semua akan tetap berjalan. Karena memang manajemen yang aku buat telah terlaksana. Dan aku akan puas disana.

Begitu juga Wapalhi, ketika aku memiliki tujuan hanya sekedar di lantik, maka aku akan puas ketika aku mendapatkan slayer. Itu akan menyebabkan kurangnya keinginan untuk mengembangkan diri lagi.

Tujuan dan hasil memiliki korelasi hukum sebab akibat. tujuan akan menentukan hasil yang akan mengiringinya. Tapi ketika hasil yang kita capai tidak sesuai dengan tujuan kita, berarti kita harus mengefaluasi action kita untuk menggapai tujuan itu.

Dimanapun, kita harus menentukan sebuah tujuan pasti agar langkah kita tidak sia sia belaka. Seperti sebuah anak panah yang di lontarkan tanpa arah, maka dia tidak akan mengenai sasaran sama sekali.